Jumat, 26 Juni 2009

Senioritas


Hom pimpa alayum gambreeeng!!!

Dulu waktu gw masih kecil, sering banget maen petak umpet, jambalan, bolongan ato gak maen kalengan. Mungkin loe juga pada pernah maenin tuh permainan rakyat. Kira-kira kelas 6 SD gw ama tetangga sering memainkan permainan itu. Temen gw ada yang lebih tua ada pun yang lebih muda. Biasanya kalau ama yang lebih tua gw sering dikerjain alias diboongin.

Dalam menentukan siapa yang “jadi” dalam setiap permainan, entah petak umpet, bolongan ato ga jambalan, pasti dengan hompimpa. Selain praktis hompimpa juga dianggap adil bagi para pemainnya. Jadi siapapun yang jadi “korban” tetap pasrah dan menerima itu sebagai konsekuensinya, termasuk gw!

Dalam memulai permainan petak umpet yang diikti 5 orang pemain, dan jika belum ada korban yang harus “jadi” agar permainan bisa dimulai. Maka disepakati dengan hompimpa

“HOMPIMPA ALAYUM GAMBREEENG...”

“NENEK LAMPIR PAKE BAJU ROMBEEENG...”

“SENDIRI MEEENAAANG...” semua anak mengucapkan kata-kata tersebut dengan berteriak.

Pada saat semua anak berteriak dan mengatakan “sendiri menaang”, biasanya temen-temen gw selalu memperlihatkan bagian telapak tangan luarnya. Semua sama dalam menentukan itu. Sampai pada kesempatan kedua, karena awalnya telapak bagian luar maka ketika hompimpa lagi yang muncul telapak bagian dalam semua...

Harapan segera mendapatkan korban secepatnya pun buyar. Biasanya orang yang merasa paling gede, ato ga paling tua mengambil inisiatif dengan mengatur strategi. Awalnya mereka ini mengklaim semua harus denger suaranya, dibujuklah anak-anak kecil macam gw supaya ikutin apa yang dia omongin.

“Hompimpa alayum gambreeng...”

“Sendirii meeeenang...” teman gw yang paling tua dengan semangat 45 sambil cengengesan mengatur irama pengundian “korban”.

Gw tentu ngikutin dong, lagian waktu itu gw masih goblok. Gak tau apa yang dipikirin ama senior he he he. Pikir gw kalo “sendiri menang” kan pasti telapak putih, betul gak? Wong hampir semuanya ngeluarin telapak luar alias yang item. Waktu itu gw nganggep gw sendiri paling jenius, soalnya gw bakal menang neh nanti pas ngeluarin telapak bagian dalam. Hmmm...

Ahaaa kesempatan itu di depan mata, ketika sang senior memulai pengundian mencari korban yang “jadi”

Senior berteriak dengan keras sambil cengengesan lagi “HOMM PIMM PAA ALAAYUMM GAMMBREENG...”

“SENDDIIRRII... MENN..”

Yes pasti gw menang neh, secara gw kan pinter, yang lain pasti ngeluarin tangan yang item, soalnya pada cari aman, beda ama gua yang cerdas. Gua gitu lhoo!!!

Gw pun dengan semangat ngeluarin telapak bagian dalem gw alias yang putih. Pasti gw menang dan gak “jadi” korban. Sampai suatu ketika...

“JAAADIII...” ha ha ha ha ha senior pun tertawa terbahak-bahak diikutin ama temen-tmen gw.

Kampreett, gw perhatiin yang lain pada ngeluarin telapak item semua! Gw doang yang putih, artinya SENDIRIAN GW PUTIH dan “MENJADI” korban. Ngepet doangg!!! Gw protess ga terima, tapi apa daya inilah konsekuensi permainan, gw mesti terima dan pasrah...

Apalagi gw waktu itu masih kecil...SIALLLL!!!!

Temen-temen gw yang lain Cuma bisa ketawa terbahak-bahak sambil mengejek. Tuman! Jadi loe!!!

“BERUKK DOANG!!!” umpat gw dalam hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar